Latest News

SELAMAT DATANG di WEBSITE RESMI TK AL UMM KEMBIRITAN, SEMOGA BERMANFAAT, AAMIIN.

Minggu, 26 Januari 2014

Anakku masuk SD

Anakku masuk SD

Tak terasa, anak-anak akhirnya telah berhasil menyelesaikan proses belajarnya di taman kanak-kanak. Apakah mereka siap untuk melanjutkan proses belajarnya ke sekolah dasar? Rasanya sih, dia cukup matang dan mandiri untuk masuk sekolah dasar. Dia sudah bisa pakai baju sendiri dan mengancingkannya dengan rapi. Makan sudah bisa sendiri juga, karena di taman kanak-kanaknya, dia sudah dibiasakan untuk makan sendiri. Apa lagi ya? Ooo.. dia sudah bisa pakai sepatu sendiri, tapi  memang bukan sepatu yang bertali, karena sepertinya jari-jari tangannya yang gemuk lucu belum bisa mengikatkan tali sepatu menjadi pita yang sama besar sehingga dia tidak akan tersandung.
Satu masalah!!  Dia belum bisa bangun pagi!! Padahal belajar di sekolah dasar dimulai jam 7 pagi, sedangkan taman kanak-kanak jam 8 pagi. Salah satu PR kita sebagai ibu adalah membiasakan dia untuk bangun lebih pagi. Bagaimana caranya? Ubah jam tidurnya! Jika dia terbiasa  untuk tidur agak malam, mulailah membuat jadwal baru yang dimulai dari 2-3 minggu sebelum awal masa sekolah. Sebelum tidur, dia juga harus menyiapkan dulu baju seragamnya, isi tasnya, kaos kaki dan sepatu. FYI, anak saya pernah ke sekolah hanya dengan menggunakan satu kaos kaki saja.. karena kebiasaannya untuk memakai kaos kaki dan sepatu di mobil.
Sebenarnya proses penerimaan anak SD sudah dimulai dari jauh-jauh hari, pastinya anak-anak sudah tahu  bahwa dia akan masuk sekolah yang mana, dia sudah melihat gedungnya, sudah melihat tempat duduknya atau bahkan dia sendiri yang memilih sekolahnya. Sebagian besar calon teman-temannya sudah dia lihat, ada yang lebih kecil, ada yang lebih besar, tapi kebanyakan sih sama besarnya, sepertinya dia tidak terlalu takut dengan teman-temannya yang baru.
Belanja tas dan peralatan sekolah bersama-sama ibu membuat dia makin siap dengan sekolah barunya. Tempat bekal nasi, bekal minum, dengan gambar tokoh kesukaannya siap menemani dia ke sekolah barunya.
Selanjutnya adalah percakapan tentang sekolah baru dan teman baru. Ibu bisa mulai dengan bercerita tentang masa-masa dia sendiri melalui hari-hari pertamanya di sekolah. “Ibu juga dulu suka menangis lho, karena tidak tahan menahan pipis. Ibu lupa di mana toilet sekolah tapi ibu takut untuk bertanya kepada teman sebangku atau mengacungkan tangan untuk bertanya kepada ibu guru. Habis, ibu gurunya sudah tua dan kelihatannya galak banget. Tapi, ternyata ibu salah, ibu guru itu baik banget, ibu guru itu sebenarnya gantinya ibu kalau di rumah. Ibu guru itu.. bla.. bla.. bla”. Cerita-cerita pengalaman kita yang dibumbui dengan cerita lucu dapat membantu anak kita untuk lebih siap dengan lingkungan barunya. Untuk diingat, di Indonesia satu kelas SD bisa berisi hampir 40 anak dengan hanya satu guru. Sudah tentu, ibu guru kita akan kewalahan, jika anak-anak barunya adalah anak-anak yang belum mandiri.
Semua persiapan memasuki sekolah dasar ini sebenarnya dapat dibantu dengan cerita-cerita menarik yang terdapat dalam CD Interaktif Anak Mandiri Aku Senang Sekolah. Tokoh Andi akan mengenalkan suasana sekolah itu seperti apa, ada bu guru, ada bel sekolah tanda masuk kelas, ada teman yang nakal, teman yang baik, teman yang rajin.. dan banyak lagi. Di sekolah juga kita memiliki tugas untuk membersihkan kelas, namanya piket. Andi bilang, piket ini mengajar anak-anak untuk bekerja sama membersihkan kelas. Banyak sekali pesan-pesan dan games menarik yang terdapat dalam CD ini, membuat anak kita tidak akan takut dengan lingkungan barunya. Melalui cerita Andi yang lucu, anak-anak tidak akan sabar untuk duduk di kelas barunya.
Selamat untuk ibu-ibu yang anaknya sudah diterima di sekolah dasar impiannya, semoga proses penyesuaiannya lancar dan menyenangkan, dibantu oleh Andi tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FASILITAS SEKOLAH TK AL UMM KEMBIRITAN GENTENG
FOTO

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SEMOGA BERMANFAAT, AAMIIN. JAZAKUMULLAHU KHAIRAN KATSIRAN"
Bu WIWIN ( CALL / WA : 081336244212 )
Bu IKE ( CALL / WA : 081939778826 )
KEGIATAN MANASIK HAJI

Kegiatan Berlangsung di Area Sekolah Oleh Guru Kelas

Media Interaktif Multimedia Komputer

Kegiatan Berlangsung di Laboratorium Komputer

Berprestasi Dalam Setiap Kompetensi

Penghargaan di Berikan di Sela Acara Kegiatan di TK Al Umm

Praktek Sholat Berjamaah di Sentra Ibadah

Kegitan Berlangsung di Aula Musholla TK Al Umm

Belajar Seni Beladiri Tapak Suci

Kegiatan Ekstrakurikuler di TK Al Umm Kembiritan

index